Malam Langit Gelap (Poetry of The Milky Way)


Setiap kali memandang kota dari ketinggian, kita selalu terpesona dengan kerlap-kerlip lampu kota seakan bintang telah berpindah ke bumi. Tanpa disadari, cerlangnya lampu-lampu kota itu turut membunuh keindahan gugusan bintang di langit yang luar biasa menawan.

Tanggal 6 Agustus 2016 dinobatkan sebagai Hari Keantariksaan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Untuk merayakannya, LAPAN mengampanyekan “Malam Langit Gelap”, kampanye untuk meminimalisir polusi cahaya. 

Lewat kampanye “Malam Langit Gelap”, LAPAN mengajak warga kota mematikan lampu di luar ruangan pada pukul 20.00 – 21.00.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, mengatakan, jika seluruh warga kota ikut serta gerakan ini, maka bukan tidak mungkin gugusan bintang akan nampak di langit malam. Kita bisa melihat “Segitiga Musim Panas” yang terdiri dari bintang Vega, Deneb, Altair. Bintang-bintang yang tersusun dalam bentuk segitiga ini sangat legendaris. Di Jepang, gugusan ini dikenal dengan “Gingga”.

Seluruh Indonesia juga bisa melihat dengan mata telanjang rasi bintang Angsa (Cygnus), Salib Selatan (Cygnus), dan rasi Kalajengking (Scorpiro).

“Khusus untuk Sabtu malam tanggal 6 Agustus 2016, kita juga bisa melihat Mars, Saturnus, dan bintang Raksasa Merah Antares yang membentuk segitiga,” kata Thomas.


Untuk mendukung kampanye “Malam Langit Gelap”, Poetry Prairie mengajak semua orang untuk mengikuti event cipta puisi khusus hanya di hari ini. Caranya mudah, simak ketentuan berikut:

  • Tema puisi: Milky Way / Rasi Bintang 
  • Jumlah puisi bebas, dengan bentuk dan format bebas. Cantumkan biodata dan kontak di bawah puisi.

  • Kirimkan puisi ke email: poetryprairie@yahoo.com 

  (subjek email: Malam Langit Gelap)

  • Batas akhir pengiriman puisi, 7 Agustus 2016 pukul 15.00 WIB.
  • Kami mencari puisi yang indah, menggetarkan hati dan mampu menggambarkan kemurnian langit dan rasi bintang. Puisi yang berhasil memikat hati kami akan ditampilkan di website Poetry Prairie (www.poetryprairie.com). 

  • Tiga puisi pilihan akan mendapat paket buku dari Poetry Prairie. 

  • Satu puisi terbaik akan mendapat tambahan hadiah kejutan dari Poetry Prairie.

  • Malam ini persiapkan diri kalian. Jangan lupa mematikan lampu dan sejenak lihatlah ke langit malam. Gugusan bintang dan simpul galaksi di langit adalah kemegahan yang diciptakan Tuhan. Nikmati melalui mata, resapi dengan hati dan tulislah puisimu.

    Big Love,

    Poetry Prairie

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s