Poetry Prairie Lite #2


image

Poetry Prairie Literature Journal

Ketentuan Puisi
– Poetry Prairie Lite menerima puisi dengan tema yang berbeda-beda setiap periode 2 bulan untuk ditampilkan sebagai antologi puisi online di website Poetry Prairie.
– Puisi harus literer, menggugah hati dan bermakna. Kreatifitas, keunikan dan bentuk puisi dipersilakan untuk dikembangkan seluas-luasnya. 
– Boleh menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, sesuai kaidah bahasa dan tanda baca yang tepat serta penulisan tidak boleh disingkat-singkat.
– Puisi adalah karya sendiri, bukan jiplakan, bukan terjemahan, belum pernah diterbitkan di media massa atau dibukukan (puisi yang pernah dipublikasikan di personal blog atau personal socmed dipersilakan untuk diikutsertakan).
– Puisi tidak sedang diikutsertakan dalam event lain dalam waktu bersamaan.
– Setiap puisi yang masuk akan diseleksi terlebih dahulu sesuai kriteria yang kami cari.

Cara Pengiriman
– Puisi dikirim melalui email ke:poetryprairie@yahoo.com sebagai attachment dengan subject: Poetry Prairie Lite – Nama Penulis
– 1 orang maksimal boleh mengirimkan 1 puisi terbaiknya (maksimal 2 halaman A4)
– Puisi diketik dalam file Word dengan format .doc/.docx (bukan .rtf / .jpg / .pdf)
– Font Times New Roman 12, spasi 1
– Di bawah masing-masing puisi wajib mencantumkan biodata narasi atau alasan kenapa kamu suka menulis puisi, maksimal 50 kata yang akan ditampilkan secara publik.  Apabila dikehendaki dapat pula menampilkan foto diri. (Apabila ingin menggunakan nama pena, harap tetap mencantumkan nama asli untuk keperluan editorial).
– Naskah puisi dan biodata dijadikan satu file. Beri nama file: PPL – Nama Penulis. 
– Email yang dikirim akan mendapat balasan sebagai tanda puisimu sudah masuk proses penilaian.

Lain-Lain
– Pengiriman puisi tidak dipungut biaya.
– Saat ini kami tidak dapat menyediakan hadiah untuk keseluruhan puisi yang terpilih. Setiap periode tema hanya akan dipilih 1 puisi sebagai Featured Poem yang akan mendapat apresiasi berupa hadiah senilai Rp 100.000,- dari Poetry Prairie.
– Puisi yang terpilih pada masing-masing tema akan ditampilkan di website dan dibuat menjadi e-book.

image

TEMA BULAN OKTOBER – NOVEMBER 2015

Tema: Kisah Dari Hutan
Batas Waktu Pengiriman: 30 November 2015 (23:59 WIB)

Hutan adalah kumpulan pepohonan dan tumbuhan lainnya. Hutan merupakan salah satu aspek biosfer bumi yang paling penting karena berfungsi sebagai penampung karbon dioksida, habitat hewan, penyedia sumber air serta pelestari tanah. Kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas dan tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.

Di antara tajuk daun dan serasah hingga masuk ke lapisan tanah, diapit kerapatan pepohonan, hutan mampu menciptakan iklim dan kondisi lingkungan khas setempat yang berbeda dari daerah di luarnya. Di dalamnya, segala tumbuhan dan hewan serta unsur tak hidup lainnya menyusun kehidupan dengan keunikannya sendiri. Mulai dari hutan hujan hujan tropis, hutan konifer hingga hutan boreal serta jenis hutan lainnya, semua memiliki wajah tersendiri.

Kali ini, marilah kita membawa kisah-kisah dari hutan ke dalam puisi untuk menyingkap misteri dan keagungan di baliknya. Bawalah jiwa kita untuk memahami bagaimana alam bekerja dan bagaimana semestinya kita menghargainya. Puisi harus dapat menggambarkan sisi-sisi kehidupan makhluk yang bersentuhan dengan hutan serta berbagai emosi yang mungkin menyertainya.

Mari berbagi puisi bersama Poetry Prairie ✴

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s