Penulisan Antologi Puisi Mengenang Guru Budi (DL: 13 Maret 2018)

UNDANGAN TERBUKA
PENULISAN ANTOLOGI PUISI MENGENANG GURU BUDI
Achmad Budi Cahyanto #ABCisme

A. LATAR BELAKANG
Puisi adalah “arsip” yang menyimpan kondisi zaman yang ditulis melalui kata-kata yang indah dengan seperangkat definitifnya tentang puisi. Kelak, puisi akan menjadi catatan penting perjalanan suatu masa yang sudah pasti menjadi peristiwa lampau. Namun, kehadiran puisi hendak mengabadikan itu semua dengan melintasi ruang dan waktu

Karena itu, terkait peristiwa duka yang menyelimuti dunia pendidikan Indonesia di awal 2018 ini, yakni atas meninggalnya guru Ahmad Budi Cahyanto karena kebrutalan seorang siswanya, kami pandang penting untuk mengenang peristiwa yang kini menjadi luar biasa tersebut dalam rangkaian puisi. Hal ini dilakukan juga sebagai catatan bahwa suatu saat tidak boleh terjadi peristiwa serupa di republik ini.

Kami memilih puisi karena dalam puisi, bahasa menjadi berdaya dan hidup. Bahasa puisi memiliki nilai keabadiaan yang bebas dari beban politik dan propaganda. Selain itu, sastra (baca, puisi) adalah salah satu cabang seni di mana guru Budi juga tercatat sebagai guru Seni Budaya.

B. TEMA
Tema puisi untuk antologi ini adalah
1. Pendidikan
2. Obituari (yang kami maknai sebagai catatan perjalanan hidup guru Budi, kreativitas, daya hidup, maupun karya-karyanya)

C. PESERTA
Antologi Puisi ini mengundang seluruh element masyarakat, penyair, seniman, guru, siswa, dan masyarakat umum se-Indonesia yang punya kemampuan menulis puisi untuk mengirimkan karya.

D. KURASI
Mengingat ruang pemuatan (pastilah) terbatas. Karena itu, kami akan melakukan kerja kurasi yang dilakukan oleh kurator yang akan ditunjuk kemudian. Hal ini dilakukan untuk menghindari terlalu tebalnya kemasan buku.

E. PROSES
1. Puisi diterima panitia sejak pengumuman ini dipublikasikan sampai tanggal 13 Maret 2018 (40 hari almarhum)
2. Peluncuran buku puisi insyaallah hari Ahad, 13 Mei 2018 (mengenang 100 hari almarhum)
Puisi bisa dikirim ke alamat email stingghil@gmail.com dengan subjek ABCisme.
3. Buku akan diterbitkan oleh Penerbit Delima.

F. TEKNIK PENULISAN
1. Puisi ditulis dalam format microsoft word maksimal lima puisi
2. Puisi yang dikirim bisa dalam bahasa Indonesia dan bisa juga memakai bahasa Madura

G. PELUNCURAN
Kami berusaha untuk mengadakan acara pelucuran dalam kemasan pembacaan doa bersama, pidato kenangan, pameran karya ilustrasi maupun sketsa, pentas baca puisi, dan musikalisasi puisi.
Undangan khusus bagi acara ini adalah seluruh penulis yang puisinya masuk antologi dan kalangan-kalangan yang terlibat. Secara umum, undangan terbuka bagi publik.
Panitia tidak menyiapkan akomodasi untuk penulis pada acara peluncuran.
Panitia akan memberikan satu/ dua eksemplar buku kepada setiap penulis berdasarkan donasi yang terkumpul.

H. DONASI
Antologi ini dibuat dengan semangat gotong-royong dan patungan untuk proses cetak buku dan peluncuran buku. Karena itu, kami membuka donasi kegiatan ini sebagai berikut
1. Donasi sekolah/ komunitas: sumbangan sekolah untuk antologi ini akan memberikan timbal balik berupa kiriman lima eksemplar buku untuk perpustakaan sekolah. Ini juga berlaku bagi komunitas/taman baca. Dengan demikian, jumlah donasi disesuaikan dengan jumlah buku.
2. Penulis: penulis diharapkan memberikan donasi untuk ganti cetak. Besaran donasi akan diumumkan setelah kalkulasi percetakan dan biaya kirim ke alamat tujuan diketahui.
Donasi bisa dikirim melalui nomor rekening 0330400015 BNI Cabang Madura atas nama MUDHAR (bendahara).
Dimohon setiap donasi yang sudah dikirim agar bukti pengirimannya difoto dan di-WA kepada ketua pelaksana dengan nomor 081703035606.

I. PENUTUP
Segala hal yang tertulis atau belum tertulis di sini bisa berubah sewaktu-waktu.

NARAHUBUNG:
Umar Fauzi Ballah 081703035606 (Ketua)
Zam/ Sang Pemulung 081939000712 (Humast)

PENYELENGGARA
Komunitas Stingghil Sampang

Advertisements