Lomba Puisi Jejak Publisher “Arti Sebuah Nama” (DL: 14 April 2018)

Jejak Publisher kembali lagi dengan Event Cipta Puisi Nasional dengan tema yang menarik yaitu “Arti Sebuah Nama”

William Shakespeare mengatakan “Apalah arti sebuah nama? Andaikata kita memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi.”

So seberapa berartikah nama untukmu? Sangat berarti, atau tidak ada artinya seperti yang dikatakan penyair legendaris Shakespeare?

Atau mungkin untukmu ada nama seseorang yang sangat-sangat berarti bagi hidupmu..

Atau kamu memiliki pengalaman dan kesan yang menyedihkan terkait nama, seperti dibully karena nama yang aneh misalnya?

Terlepas dari itu, nama adalah sebutan atau label yang diberikan kepada benda, manusia, tempat, produk dan bahkan gagasan atau konsep, yang biasanya digunakan untuk membedakan satu sama lain. Nama dapat dipakai untuk mengenali sekelompok atau hanya sebuah beda dalam konteks yang unik maupun yang diberikan (sumber: http://id.m.wikipedia.org).

Dengan hadirnya nama yang beragam dan tak jarang unik, membuat segala hal di alam semesta ini bisa dikenali dengan mudah. Tak satu pun hal terlewat tanpa sebuah sebutan.

Bahkan nama merupakan eksistensi yang sangat penting dan tidak boleh dibuat asal-asalan seperti yang tertuang dalam Hadis berikut: “Sesungguhnya, pada hari kiamat nanti, kalian akan dipanggil dengan nama-nama kamu dan nama ayah-ayah kamu; maka buatlah nama yang baik bagi diri kamu.” (H.R. Abu Dawud).

Sudah tahu arti namamu?

Atau berartinya beragam nama di sekitarmu?

Mari ungkapkan betapa berarti dan berkesannya nama-nama itu untukmu dalam sebuah karya puisi!

Yuk, simak syarat dan ketentuan berikut:

Ketentuan Umum Lomba:

  • Peserta adalah WNI dan tidak dibatasi usia.
  • Like fanspage Jejak Publisher (https://www.facebook.com/JejakOfficial/)
  • Berteman dengan PJ Event Puisi: Ahmad M Mabrur Umar (https://www.facebook.com/ammu.leo.1)
  • Share poster atau info lomba ini dan melakukan tag minimal 5 orang teman di Facebook yang memiliki hobi menulis atau berminat di bidang literasi, lalu menandai PJ Event Ahmad M Mabrur Umar (https://www.facebook.com/ammu.leo.1)
  • Peserta menjamin bahwa naskah yang dikirimkan adalah asli, bukan saduran, terjemahan, dan belum pernah dipublikasikan baik di media cetak maupun non-cetak, belum pernah memenangkan lomba dan tidak sedang diikutkan pada lomba lainnya.
  • Naskah tidak menyinggung unsur SARA/pornografi dan tidak menyinggung pihak/golongan tertentu.
  • Lomba ini bersifat GRATIS (tidak dipungut biaya apapun).
  • Karya dikirimkan sebelum 14 April 2018 pukul 23.59 WIB.
  • Pengumuman pemenang akan dipublikasikan di website: http://jejakpublisher.com, FB Fans Page: Jejak Publisher dan Twitter: @JejakPublisher pada tanggal 28 April 2018
  • Ketentuan dewan juri tidak dapat diganggu gugat, terkecuali apabila ditemukan indikasi melakukan PLAGIARISME.

Ketentuan Khusus Lomba:

  • Tema Puisi “Arti Sebuah Nama”, genre bebas.
  • Naskah ditulis dengan Microsof Office Word (.doc atau .docx), dengan format naskah A4, Times New Roman 12, margin normal, spasi 1,5. Disimpan dengan nama file: PuisiNama_Nama Peserta_Judul Naskah

Contoh: PuisiNama_Ahmad M Mabrur Umar_Laskar Tanpa Nama

  • Isi naskah (hanya puisi saja), sebanyak 1 lembar halaman A4
  • Wajib menyertakan biodata narasi (bukan keterangan seperti pada KTP) di akhir naskah maksimal 40 kata meliputi nama, biodata singkat, dan hal lainnya yang menurut Anda perlu disampaikan. Sertakan pula foto terbaik Anda dengan ukuran dimensi 2×3 cm.
  • Kirim naskah dalam bentuk attachment/lampiran ke email: puisijejak@gmail.com dengan subjek email sama dengan nama file: PuisiNama_Nama Peserta_Judul.

Contoh: PuisiNama_Ahmad M Mabrur Umar_Laskar Tanpa Nama

  • Setiap peserta hanya boleh mengirimkan maksimal 1 naskah terbaiknya.
  • Naskah yang sudah masuk tidak dapat direvisi. Apabila peserta mengirim ulang naskah lebih dari satu kali, maka hanya naskah pertama saja yang terdaftar. Naskah berikutnya akan terdiskualifikasi dengan sendirinya. Jadi mohon diperiksa baik-baik kelengkapan naskah sebelum dikirimkan.

KRITERIA PENILAIAN:

  • Memiliki kesesuaian dengan tema
  • Gaya penulisan dan pemilihan diksi menarik
  • Ejaan Bahasa Indonesia dan kerapian penulisan
  • Keutuhan dan Keselarasan
  • Kedalaman pesan

REWARD:

Juara 1:

Voucher Penerbitan senilai 300 K + Voucher pulsa senilai 25 K + Piagam Penghargaan Juara 1 lomba cipta puisi tingkat nasional + Nama penulis akan tercantum di cover buku secara ekslusif + Buku bukti terbit + Diskon 15% setiap pembelian buku cetaknya.

Juara 2 :

Voucher Penerbitan senilai 150 K + Voucher pulsa senilai 10 K + E-Piagam Penghargaan Juara 2 lomba cipta puisi tingkat nasional + Diskon 15 % setiap pembelian buku cetaknya

Juara 3:

Voucher Penerbitan senilai 100 K + Voucher pulsa senilai 5 K + E-Piagam Penghargaan Juara 3 lomba cipta puisi tingkat nasional + Puisi dan biodata narasi penulis akan tampil di website: http://jejakpublisher.com + Diskon 15 % setiap pembelian buku cetaknya

5 Puisi Terbaik:

Voucher Penerbitan sebesar 50 K + E-Piagam Penghargaan Puisi Terbaik lomba puisi tingkat nasional + Diskon 15% setiap pembelian buku cetaknya

10 Puisi Terfavorit:

Voucher Penerbitan sebesar 25 K + E-Piagam Penghargaan Puisi Terfavorit lomba puisi tingkat nasional + Diskon 15% setiap pembelian buku cetaknya

150 Puisi Terpilih:

E-Piagam Penghargaan Puisi Terpilih lomba puisi tingkat nasional + Diskon 10% setiap pembelian buku cetaknya

Seluruh Peserta:

E-Sertifikat peserta lomba Puisi tingkat nasional.

Kontak dan Info Penanggung Jawab Event:

Facebook: Ahmad M Mabrur UmarWA: 082293671527IG: ahmadmuslim_mu10Twitter: @ahmadmuslim_mu

Advertisements