Festival Pembaca Indonesia 2017 (2 Desember 2017)

Kabar gembira untuk kita semua. Festival tahunan yang sudah kalian tunggu-tunggu akan hadir kembali pada tahun ini, yaitu Festival Pembaca Indonesia 2017 (Indonesia Readers Festival 2017, #IRF2017). Festival Pembaca Indonesia adalah kegiatan besar yang terselenggara sejak tahun 2010 dan rutin diadakan setiap tahun oleh Goodreads Indonesia. Kegiatan ini tercipta selain untuk memberikan wadah rekreasi baca dan juga sebagai tempat berkumpulnya pembaca Indonesia, diharapkan juga dapat membudayakan kegiatan membaca dari dan untuk pembaca Indonesia.

Goodreads Indonesia merupakan komunitas pembaca yang sudah terbentuk selama sepuluh tahun ini, menjadikan Festival Pembaca Indonesia sebagai puncak kegitatannya dalam setahun. Dengan lebih dari 19.000 anggota yang terdaftar, diharapkan banyak pengunjung yang akan datang. Goodreads Indonesia telah berpengalaman menyelenggarakan kegiatan perbukuan dalam skala lokal hingga Internasional. Dengan bekerjasama dengan penerbit, penulis, komunitas, perusahaan dan pihak lainnya Goodreads Indonesia akan berusaha menyelenggarakan #IRF2017 dengan lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya. Setelah tahun lalu sukses dengan kurang lebih 3.000 pengunjung, Festival Pembaca Indonesia akan hadir untuk kedelapan kalinya.

Festival Pembaca Indonesia 2017 akan diadakan pada hari Sabtu, tanggal 02 Desember 2017 di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Selatan.

“Good Book, Good Companion, Good Life” merupakan tema yang diusung dalam #IRF2017 kali ini, karena dengan membaca buku-buku yang bagus kita dapat menambah teman dan bisa menjalani hidup kita dengan lebih baik lagi. Pada kegiatan kali ini banyak keseruan yang dapat kalian jumpai. Diantaranya akan ada Talkshow dan Workshop yang akan diisi oleh penulis dan pelaku dalam dunia perbukuan. Bagi yang gemar menonton film, ada Bioskop Baca yang dimana kita bisa menonton bersama-sama film yang diadaptasi langsung dari buku. Dan tentunya kalian dapat menukarkan buku-buku lama kalian dengan berbagai macam buku yang kami sediakan di area Bookswap. Last but not least, Anugerah Pembaca Indonesia (API). Acara yang digelar untuk memberikan apresiasi kepada penulis dan pewajah sampul buku fiksi, non fiksi dan puisi ini selalu diadakan di setiap Festival Pembaca Indonesia. Periode buku yang akan diseleksi dalam penilaian Anugerah Pembaca Indonesia 2017 adalah buku yang terbit sejak September 2016 sampai dengan Agustus 2017. Sehingga untuk para penerbit dan penulis yang ingin bukunya diikutsertakan dalam nominasi, bisa memasukkan datanya ke dalam situs ‘goodreads.com’.


WORKSHOP

Salah satu kegiatan yang tetap ada di Festival Pembaca Indonesia 2017 adalah Workshop yang diharapkan dapat menambah ilmu seputar dunia literasi bagi para pesertanya. Tahun ini akan tiga workshop dengan beragam tema yang dapat diikuti dengan cara mengirimkan surel terlebih dahulu mengingat terbatasnya kuota peserta. Berikut ini adalah Jadwal Workshop Festival Pembaca Indonesia 2017:

02 DESEMBER 2017

Menulis Puisi bersama Adimas Immanuel & Writing Table
Pembicara: Adimas Immanuel
Waktu: 10.00-12.00 WIB
Lokasi: Ruang Workshop Perpus Kemendikbud
Kuota peserta: 50 orang

Setiap penulis punya cara masing-masing dalam menuangkan idenya menjadi tulisan. Dalam workshop kali ini, Adimas akan mengajak peserta untuk mengeluarkan kreativitasnya dengan kata-kata, bermain dengan diksi, dan memahami bunyi dalam puisi.

Adimas Immanuel adalah penulis yang telah menerbitkan sejumlah buku yakni Pelesir Mimpi, Di Hadapan Rahasia dan Suaramu Jalan Pulang yang Kukenali. Buku puisinya, Pelesir Mimpi, berhasil menjadi nominator Khatulistiwa Literary Award 2014.

Bagi para peserta, jangan lupa untuk membawa buku/kertas dan alat tulis ya.

Cara pendaftaran: Kirim biodata singkat (Nama, Usia, Profesi, Foto, No.HP, Alamat) melalui surel ke workshop.irf2017@gmail.com dengan subyek: Menulis Puisi

Non Fiction 101
Pembicara: The Jakarta Post Writing Center
Waktu: 13.00-15.00 WIB
Lokasi: Ruang Workshop Perpus Kemendikbud
Kuota peserta: 20 orang

Siapa bilang menulis non-fiksi itu sulit dan membosankan? Coba deh ikut workshop bersama The Jakarta Post Writing Center, teman-teman bakal bisa dapat tip dan trik untuk menulis non-fiksi yang seru dan tidak membosankan. Mulai dari poin penting yang bisa dijadikan bahan tulisan, hingga bagaimana cara menyuarakan nilai-nilai di balik kisah non-fiksi tersebut. Bagi yang belum pernah menulis non-fiksi juga boleh ikutan, lho. Menulis memang tidak pernah mudah, tapi The Jakarta Post Writing Center akan membantu teman-teman dalam berusaha membuat tulisan non-fiksi yang baik.

Bagi para peserta, jangan lupa untuk membawa buku/kertas dan alat tulis ya. Workshop ini akan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar.

Cara pendaftaran: Kirim biodata singkat (Nama, Usia, Profesi, Foto, No.HP, Alamat) melalui surel ke workshop.irf2017@gmail.com dengan subyek: Non Fiction 101

Mini Workshop Menulis Fiksi
Pembicara: Tim Fiksi Femina
Waktu: 15.00-16.30 WIB
Lokasi: Ruang Workshop Perpus Kemendikbud
Kuota peserta: 50 orang

Menulis adalah hal tak terpisahkan dari pembaca, maka Tim Fiksi Femina ingin mengajak teman-teman untuk dapat lebih mengenal dunia menulis fiksi. Banyak aspek yang menjadi penentu untuk membuat tulisan fiksi menjadi sesuatu yang begitu melekat di ingatan para pembacanya. Bukan hanya alur cerita, tapi juga latar belakang, tokoh-tokoh, bahkan pilihan kata dapat menjadi hal yang begitu penting dalam sebuah tulisan fiksi. Teman-teman dapat mempelajari hal tersebut dari Tim Fiksi Femina dan langsung menerapkannya dalam workshop ini.

Cara pendaftaran: Kirim biodata singkat (Nama, Usia, Profesi, Foto, No.HP, Alamat) melalui surel ke workshop.irf2017@gmail.com dengan subyek: Mini Workshop Femina

Untuk informasi lebih lanjut, pantau terus website atau official page Festival Pembaca Indonesia di fanpage Facebook. Atau follow akun Twitter resmi @bacaituseru dengan tanda pagar #IRF2017, khusus untuk semua informasi mengenai Festival Pembaca Indonesia 2017. Dan jangan lupa juga dengarkan siaran Goodreads Indonesia bersama Klub Siaran GRI setiap hari Sabtu pukul 07.00 pagi di radio RPK FM 96.3 (streaming: http://www.radiopelitakasih.com).

Sampai jumpa di Festival Pembaca Indonesia 2017!

Advertisements