Festival Bahasa & Sastra Unair 2017

Festival Bahasa Dan Sastra, yang merupakan hasil “peleburan” dari program tahunan HMD Sastra Indonesia sebelumnya yaitu Bulan Bahasa dan Malam Chairil Anwar merupakan program kegiatan besar terdekat yang direncanakan akan dilaksanakan mulai tanggal 30 Oktober 2017.

Kegiatan yang bertamakan “Ini Coklat, Seperti Cintaku Padamu” ini, memiliki rangkaian kegiatan diantaranya senja kesyukuran yang merupakan pembukaan dari kegiatan ini, perlombaan-perlombaan, seminar, uji kemahiran Bahasa Indonesia, sampai diakhiri pada malam puncak pada 28 November 2017. Acara ini, merupakan acara yang diselenggarakan untuk merepresentasikan semangat berbahasa dan bersastra dalam lingkup global, serta sebagai bentuk peringatan sumpah pemuda sebagai hari lahirnya Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Festival Bahasa Dan Sastra 2017 juga dilaksanakan dalam rangka memperingati dies natalis Sastra Indonesia Universitas Airlangga ke-29.

Perlombaan yang diadakan rencananya akan mengundang SMA/SMK/MA sederajat di seluruh wilayah Jawa Timur. Dengan mengundang siswa SMA/SMK/MA sederajat, diharapkan pengenalan terhadap dunia sastra dan bahasa dapat dimiliki sedini mungkin sehingga ketika pengertian atas bahasa dan sastra didapat sedini mungkin.

-LOMBA MUSIKALISASI PUISI-

Musikalisasi puisi merupakan puisi kolaborasi antara sastra dan musik. Puisi biasanya dibacakan atau diucapkan dengan intonasi, sedangkan musikalisasi puisi dibacakan dengan diiringi musik. Suatu upaya menampilkan puisi dengan cara memasukan unsur musik secara dominan dengan tujuan agar pendengar atau apresian yang tidak memahami isi lebih dapat memahaminya.

Tema: Aku Ingin Bebas dari Segala Merdeka.

Peserta

  • Siswa SMP/MTs se-Jawa Timur
    Kelompok (3-10 siswa)
  • Siswa SMA/SMK/MA se-Jawa Timur
    Kelompok (3-10 siswa)

Ketentuan Umum

  • Peserta memenuhi syarat pendaftaran sebelum tanggal 21 Oktober 2017
  • Peserta tidak ditentukan berdasarkan jenis kelamin (peserta boleh laki-laki atau perempuan).
  • Peserta boleh mengenakan kostum sesuai kebutuhan penyajian musikalisasi puisi.

Ketentuan Khusus

  • Peserta memusikkan salah satu puisi dari daftar puisi wajib yang disediakan oleh panitia yang akan diinformasikan lebih lanjut pada www.sastraindonesiaunair.id
  • Peserta memusikkan salah satu puisi dari puisi bebas yang sesuai dengan tema acara Musikalisasi Puisi (pilihan peserta sendiri).
  • Musikalisasi puisi dari awal hingga akhir sepenuhnya dilakukan di panggung.
  • Peserta membawa alat bantu sendiri, baik berupa alat musik maupun alat bantu lainnya, seperti topeng atau kostum, dll.
  • Hal-hal teknis yang belum tercantum dalam Pedoman akan disampaikan dalam acara rapat teknis (technical meeting).

Tata Tertib

  • Peserta dianjurkan untuk menghadiri rapat teknis pada waktu yang sudah ditentukan. Apabila berhalangan hadir, maka harus menyetujui semua hasil rapat teknis yang sudah didiskusikan bersama peserta lain.
  • Peserta diwajibkan untuk melakukan registrasi satu jam sebelum perlombaan dimulai.
  • Peserta akan dipanggil 3 kali jika pada panggilan ke-3 belum tampil akan dipanggil kembali setelah nomer urut peserta terakhir.
  • Peserta lain, pendamping, dan penonton diharap tertib, tidak bertepuk tangan, dan gaduh saat peserta sedang tampil.

Waktu dan Tempat Rapat Teknis
Hari, tanggal : Selasa, 24 Oktober 2017.
Tempat : Ruang Chairil Anwar FIB Unair.

Waktu dan Tempat Perlombaan
Hari, tanggal :
Minggu, 29 Oktober 2017 (SMP/sederajat)
Senin, 30 Oktober 2017 (SMA/ sederajat)

Tempat : Panggung Terbuka Cak Durasim Taman Budaya Jawa Timur / Ruangan W.S. Rendra FIB (dalam konfirmasi).
Selain lomba musikalisasi puisi, terdapat lomba-lomba lainnya yaitu Menulis Cerpen, Membaca Cerpen, Menulis Esai, Monolog, Film Pendek, Cerdas Cermat, Liga Media Sosial.

Untuk keterangan lebih lanjut: www.sastraindonesiaunair.id

Advertisements