Bulan Bahasa UGM 2017 (23 September – 23 November 2017)

Bulan Bahasa merupakan agenda tahunan Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda. Pada tahun ini, Bulan Bahasa mengangkat Dongeng sebagai tema utamanya.

Bahasa Indonesia yang merupakan salah satu kekayaan bangsa, memiliki dua peran penting untuk bangsa, yaitu sebagai jati diri dan pemersatu bangsa Indonesia. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bahasa Indonesia kurang mendapat apresiasi dari masyarakat, khususnya para pemuda. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat masyarakat Indonesia dituntut untuk menguasai bahasa asing. Tuntutan tersebut membuat masyarakat Indonesia lebih bangga apabila dapat menguasai dan menggunakan bahasa asing. Hal ini menimbulkan rasa bangga masyarakat terhadap bahasa Indonesia sedikit demi sedikit mulai terkikis, sehingga banyak masyarakat yang tak acuh dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ragam lisan maupun tulisan. Padahal, tanpa bahasa Indonesia, masyarakat yang tinggal di kepulauan nusantara ini tidak akan dapat bersatu, apalagi dengan keberagaman bahasa serta budayanya. Oleh karena itu, bahasa Indonesia sudah sepatutnya dijaga.

Berangkat dari sebuah gagasan bahwa bahasa Indonesia merupakan satu-satunya media pemersatu bangsa dan memiliki peranan penting sebagai jati diri bangsa Indonesia, Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) UGM menggelar sebuah acara bernama “Bulan Bahasa”. Pada tahun 2017 ini, Bulan Bahasa akan mengangkat sebuah tema yaitu “Dongeng.”. Kegiatan ini sekaligus disenggelarakan dalam rangka memperingati sumpah pemuda ke-89 tahun.

Terdapat berbagai lomba yang diselenggarakan antara lain lomba cerpen, cipta puisi, menulis esai, video puisi dan menulis dongeng.

Info lomba cipta puisi & video puisi: cek di sini

Info lomba-lomba lainnya bisa dicek di https://bbugm.wordpress.com/category/info-lomba/

More Info: kmsi.fib.ugm.ac.id

Advertisements